RPP 1 Lembar SD Semester 2 Revisi Terbaru

Kemendikbud telah mengeluarkan RPP 1 Lembar halaman untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) di semester 2 melalui surat edaran no 14 tahun 2019 yang disampaikan oleh Mendikbud. Adapun tujuan dari pembaharuan RPP tersebut adalah mengefisiensikan kinerja guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang terdapat dalam RPP, sehingga implementasi yang dilakukan guru tidak terbebani oleh teori – teori yang ada.

Dalam menjalani profesi sebagai pendidik, tentunya sangat diharuskan dalam setiap kegiatan proses belajar mengajar seorang pendidik memiliki sebuah pedoman yang dinamakan Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Memang setiap metode pembelajaran bisa diciptakan sekreatif mungkin oleh pendidik, namun dengan adanya RPP, kreatifitas tersebut bisa diharmonisasikan dengan panduan metode pembelajaran yang terdapat dalam RPP, sehingga kegiatan pengajaran dapat dilaksanakan dengan baik demi efektivitas tujuan pembelajaran. 

Karena begitu penting dan krusialnya bagi para pendidik dalam menerapkan metode yang tepat kepada seluruh peserta didik, penyederhanaan RPP tentunya sangat membantu dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas guru dalam pengimplementasiannya. Sebagaimana yang telah kita ketahui, RPP pada umumnya berisikan komponen-komponen yang jumlahnya tidak sedikit yakni berjumlah 13 komponen, hal tersebut dinilai terlalu banyak menyita waktu dan tenaga karena guru dituntut untuk memahami secara keseluruhan selembar demi selembar.

Mendikbud yang kerap disapa Mas Mentri, Nadiem Makariem melihat adanya ketidakefisienan dalam penerapan RPP selama beberapa periode kebelakang dimana Guru harus membuat dan mempersiapkan RPP sebanyak itu, bisa kita membayangkan berapa banyaknya waktu yang tersita hanya karena harus mempersiapkannya? RPP dibuat sampai sebanyak itu karena tidak mungkin sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dibuat hanya menggunakan dua atau tiga lembar saja. 

Atas dasar tersebut, akhirnya Mendikbud memutuskan untuk menyederhanakan bentuk RPP yang terdiri dari beberapa komponen menjadi hanya 1 lembar saja. Hal tersebut dinilai dapat membuat pendidik memiliki banyak waktu yang sangat efisien untuk digunakan dalam penyusunan Lesson Plan, dengan begitu Guru bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran diantaranya seperti persiapan materi dan melakukan evaluasi. 

Dengan dibuatnya RPP 1 lembar ini, diharapkan akan menjadi salah satu pedoman baru yang bisa Bapak/Ibu jadikan referensi dalam pembuatan Rencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan format versi surat edaran no 14 tahun 2019. Oleh karena itu, Bapak/Ibu tentunya tidak lagi terbebani dalam mencari model rpp, sebab rpp tersebut secara keseluruhan kelas sudah tersedia secara lengkap. 

Advertisement

Terkait dengan RPP 1 Lembar jenjang SD semester 2 ini, telah sesuai dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 yang secara eksplisit menerangkan bahwa perangkat pembelajaran saat ini cukup membutuhkan satu halaman / lembar saja, hal tersebut dibuat dengan tujuan agar Guru dapat dengan mudah mempersiapkan perangkat pembelajaran sehingga bisa lebih fokus terhadap materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada seluruh siswanya. 

RPP 1 Lembar SD semester 2 ini, sesuai dengan arahan Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud), memiliki 3 (tiga) komponen inti dalam penyederhanaan RPP sesuai edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment). Komponen lainnya dalam penyusunan RPP bersifat sebagai pelengkap. Berikut paparannya

Advertisement

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran tercantum dengan kurikulum 2013 yang menjadi rujukan dan kebutuhan belajar peserta didik. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

2. Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar. Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian. Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, karena penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman. Guru yang sudah membuat RPP dengan format yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah tetap dapat menggunakan format RPP yang sudah dibuat sebelumnya. Guru juga dapat memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip terbatu dalam penyusunan RPP (efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik).

Semenjak diterbitkannya kebijakan baru terkait RPP 1 lembar, banyak para pegiat pendidikan yang mencari bentuk formatnya. Oleh karena itu kami sediakan secara lengkap melalui halaman yang dibuat khusus ini untuk membantu para tenaga pengajar dalam mendapatkan contoh formatnya. 

Contoh Format RPP K13 Format Terbaru Revisi 2020 Resmi Kemdikbud 

Untuk memberi gambaran kepada Bapak/Ibu terkait RPP 1 lembar SD Semester 2 sebelum Bapak/Ibu mengunduhnya, berikut kami sertakan contoh formatnya untuk bisa menjadi ekspektasi Bapak/Ibu sebelum mengunduhnya pada tautan yang telah kami sediakan:

Nama Satuan Pendidikan : …………………………………………………………
Mata Pelajaran/Tema : ………………………………………………………………..
Kelas/Semester : VI/Genap : ………………………………………………………..
Materi Pokok : ……………………………………………………………………………..
Alokasi Waktu : ……………………………………………………………………………. 

1. Tujuan Pembelajaran
…………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………… 

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :
…………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………
2.1.2. Bahan :
…………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………
2.1.3. Pertanyaan
…………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………
2.2. Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku …..
……………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………….
2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
……………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………….
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1. Keseimpulan Pembelajaran
………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………..
2.4.2. Penilaian
………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………… 20….
Mangetahui Guru Mata Pelajaran/Kelas
Kepala Sekolah
=………………………………..= = …………………………………..=
NIP. NIP. 

*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap. 

RPP 1 Lembar SD untuk Semester 2

Di bawah ini kami sudah menyediakan RPP 1 Lembar untuk jenjang SD dari kelas 1 hingga kelas 6 lengkap dengan tema dan subtema sesuai dengan arahan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013.

RPP 1 Lembar SD Kelas 1 Semester 2

Bagi Bapak/Ibu yang mengajar di jenjang SD Kelas 1 dan sedang memasuki tahap semester genap, silahkan unduh RPP 1 lembar kelas 1 semester 2 lengkap dengan tema dan sub tema pada tautan di bawah ini:

RPP 1 Lembar Halaman Kelas 1 Semester 2

RPP 1 Lembar SD Kelas 2 Semester 2

Bagi Bapak/Ibu yang mengajar di jenjang SD Kelas 2 dan sedang memasuki tahap semester genap, silahkan unduh juga RPP 1 lembar kelas 2 semester 2 lengkap dengan tema dan sub tema pada tautan di bawah ini:

RPP 1 Lembar Halaman Kelas 2 Semester 2

RPP 1 Lembar SD Kelas 3 Semester 2

Bagi Bapak/Ibu yang mengajar di jenjang SD Kelas 3 dan sedang memasuki tahap semester genap, silahkan unduh juga RPP 1 lembar kelas 3 semester 2 lengkap dengan tema dan sub tema pada tautan di bawah ini:

RPP 1 Lembar Halaman Kelas 3 Semester 2

RPP 1 Lembar SD Kelas 4 Semester 2

Bagi Bapak/Ibu yang mengajar di jenjang SD Kelas 4 dan sedang memasuki tahap semester genap, silahkan unduh juga RPP 1 lembar kelas 4 semester 2 lengkap dengan tema dan sub tema pada tautan di bawah ini:

RPP 1 Lembar Halaman Kelas 4 Semester 2

RPP 1 Lembar SD Kelas 5 Semester 2

Bagi Bapak/Ibu yang mengajar di jenjang SD Kelas 5 dan sedang memasuki tahap semester genap, silahkan unduh juga RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 lengkap dengan tema dan sub tema pada tautan di bawah ini:

RPP 1 Lembar Halaman Kelas 5 Semester 2

RPP 1 Lembar SD Kelas 6 Semester 2

Bagi Bapak/Ibu yang mengajar di jenjang SD Kelas 6 dan sedang memasuki tahap semester genap, silahkan unduh juga RPP 1 lembar kelas 6 semester 2 lengkap dengan tema dan sub tema pada tautan di bawah ini:

RPP 1 Lembar Halaman Kelas 6 Semester 2

Perbandingan RPP K13 Umum dengan RPP 1 Lembar K13

Sebagai tambahan informasi kepada Bapak/Ibu, agar lebih mudah dalam memahami RPP 1 lembar, Kami juga mencantumkan beberapa paparan terkait perbedaan RPP biasa dengan RPP 1 lembar atau versi surat edaran nomor 14 tahun 2019 kepada Bapak/Ibu. Selain itu, kami juga tuliskan beberapa rangkuman poin perbandingan RPP tersebut pada paragraf dibawah untuk menjadi preferensi bagi Bapak/Ibu dan juga sekaligus meyakinkan Bapak/ibu bahwa RPP 1 lembar sebagaimana yang dimaksud di atas sesuai dengan ekspektasi. Berikut paparannya:

RPP K13 Konvensional:

  • Guru dituntut untuk menyesuaikan format RPP secara kaku 
  • RPP dinilai terlalu banyak susunan komponen dan materi 
  • Guru dituntut untuk menyajikan dengan sangat detail (satu lembar RPP bisa mencapai kurang lebih 20 halaman) 
  • Penulisan RPP lebih banyak menyita waktu Guru, yang dimana seharusnya bisa digunakan untuk memprioritaskan serta mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri

RPP K13 1 Lembar

  • Guru dengan leluasa dapat menentukan, menyusun, memakai dan mengembangkan format RPP 
  • Mencangkup semua materi inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri; tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, asesmen) dalam 1 halaman saja
  • Proses penyusunan RPP dilakukan dengan terukur secara efektif dan efisien sehingga Guru memiliki waktu ekstra dalam mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri

Kami cukupkan dulu postingan pada artikel kali ini mengenai beberapa hal yang Bapak/Ibu bisa dapatkan terkait RPP 1 lembar SD ini. Semoga apa yang tersaji pada artikel ini, sesuai dengan ekspektasi Bapak/Ibu dan juga sekaligus dapat memberikan informasi terkini kepada Bapak/Ibu di tahun ajar terbaru ini. Semoga apa yang kami sajikan melalui artikel kali ini bisa sedikit berkontribusi kepada Bapak/Ibu selaku abdi negara dan sebagai tenaga pendidik pembentuk sumber daya manusia yang unggul.

Dan juga tidak lupa di dalam tahun ajar ini, kami menaruh harapan besar pada Bapak/Ibu guru untuk dapat optimal dalam memberikan pengajaran terbaik kepada tunas – tunas muda kita selaku generasi bangsa demi masa depan Indonesia yang gemilang. Jika dalam postingan  kali ini ada kata atau kalimat atau bahkan ada berkas yang tidak  sesuai ekspektasi Bapak/Ibu, mohon dibukakan pintu maaf  sebesar – besarnya dan  mohon tinggalkan kritik dan saran untuk menjadi bahan evaluasi  kami kedepannya. Terimakasih sudah berkunjung dan tetap terus pantau kami untuk berkas – berkas penting terbaru di gurunesia.com




Leave A Reply

Your email address will not be published.