Contoh Susunan Cover Makalah Individu/Kelompok Yang Benar

Membuat cover makalah merupakan salah satu tahapan proses dalam membuat sebuah makalah yang memiliki struktur secara  ilmiah dan sistematis. Secara garis besar pengertian dari cover atau sampul makalah adalah bagian tampak depan dari sebuah makalah yang memberikan keterangan atau informasi inti mengenai isi dari sebuah makalah. Berdasarkan dari pengertian cover makalah itu sendiri, cover dari sebuah makalah harus dibuat semenarik mungkin, untuk menstimulus minat pembaca dalam mengetahui isi artikel dari makalah tersebut. Oleh sebab itu  membuat cover makalah yang baik dan benar namun masih memiliki estetika yang cukup, perlu memperhatikan bagian – bagian apa saja yang  wajib  terdapat dalam cover makalah tersebut.

Sistematika Cover Makalah

Sebagai pelajar, mahasiswa, ataupun para pekerja tentunya kita pernah diwajibkan untuk membuat sebuah makalah untuk keperluan tugas ilmiah maupun untuk presentasi sebuah proyek ilmiah yang diberikan oleh guru, dosen, atau atasan. Dan tentunya bisa kita pastikan masalah terbesar yang sering kita dapatkan dalam membuat makalah  adalah menemukan ide serta waktu yang terbatas. Maka dari itu baca sampai akhir kiat  – kiat utama dalam membuat cover makalah yang  simple, menarik, namun tetap elegan.

Dalam membuat makalah tentunya ada hal yang krusial untuk Anda perhatikan dalam  membuat cover atau tampak depan dari sebuah makalah. Walaupun bagian yang paling penting adalah isi dari makalah tersebut, pembuatan cover makalah yang menarik dapat menarik antusiasme pembaca untuk mencari tau lebih jauh mengenai isi dari makalah itu. Karena akan sangat  percuma ketika Anda mempunyai isi dari makalah yang berkualitas dengan penulisan yang baik dan mungkin  mengandung data penting  yang dicari pembaca,  namun cover makalah yang Anda buat terlihat asal  – asalan dan berantakan,  sehingga menghilangkan niat pembaca untuk  mencari tau lebih lanjut isi dari makalah  tersebut.

Sebelum Anda membuat makalah, ketahui terlebih dahulu bagian apa saja yang harus terdapat dalam format cover makalah yang menarik, berikut ini penjelasan.

Dalam menyusun sistematika penyusunan cover makalah, bisa dipastikan bahwa hampir seluruh cover makalah untuk semua jenis makalah seperti skripsi,  laporan penelitian dan sebagainya, memiliki kesamaan dalam penempatan tata letaknya dan lain-lain. Oleh karena itu, yang harus harus diperhatikan dalam penyusunan cover makalah yang pertama yaitu.

Advertisement

  1. Judul Makalah

    Hal pertama yang harus diperhatikan dalam pembuatan cover makalah adalah penulisan judul, untuk penulisam judul diletakan pada tengah cover. Mengapa harus diletakan di tengah cover?  Karena peran judul dalam menginformasikan isi dari isi makalah yang begitu penting sehingga pembaca memiliki gambaran tentang apa yang akan mereka baca. Selain itu, perhatikan juga mengenai judul yang hendak Anda tulis, jangan sampai nama judul berbanding  terbalik  dengan isi yang sudah susah – susah Anda buat. Kesalahan penulisan judul bisa berakibat  cukup fatal bagi Anda sebagai penulis makalah, selain Anda mendapatkan stigma sebagai penulis yang buruk, konsekwensi  lain yang akan Anda dapat bisa berupa revisi dan itu akan membuang dana Anda lagi untuk  membeli kertas folio atau membayar  jasa foto kopi dan sebagainya. Dan tidak kalah penting juga,  dalam penggunaan huruf pada judul, disarankan untuk menggunakan font standart bisa arial, times new roman atau calibri, jangan lupa untuk menggunakan huruf kapital, beserta diberi cetak tebal atau Bold, serta peletakan judul anda taruh pada bagian tengan atas cover makalah.


  2. Tujuan Makalah

    Bagian dari cover makalah yang cukup penting adalah tujuan makalah, bagian tersebut bisa Anda letakan pada bagian setelah judul atau pada bagian sub judul dengan menggunakan huruf yang lebih kecil dari pada huruf judul. Dengan adanya tujuan makalah akan dapat memungkinkan bagi  pembaca untuk mengetahui maksud dari penulis membuat makalah tersebut,  sehingga pembaca semakin ingin mengetahui isi dari makalah yang Anda buat.


  3. Logo atau Simbol Makalah

    Formalitas dari sebuah makalah juga  merupakan satu  unsur penting bahwa makalah Anda berada dalam pengawasan dan bimbingan dari sebuah instansi, maka dari itu simbol atau logo pada sebuah makalah dirasa sangat  penting untuk menginformasikan kepada pembaca bahwa penulis berasal dari sebuah instansi yang tentunya memberikan nilai tambah dari segi legalitas dan originalitas dari sebuah makalah. Pada cover makalah, bagian yang paling mencolok terlihat adalah pada bagian logo atau gambar,  sehingga  maka dari dalam pemilihan ukuran dan warna yang digunakan pada logo harus disesuaikan dengan makalah. Tentunya penggunaan logo juga menambah daya  tarik bagi calon pembaca.


  4. Data Penulisan Penyusun Makalah

    Hal ini juga sangat penting mengingat segala hal yang  terdapat  dalam makalah menjadi tanggung  jawab sepenuhnya oleh penulis, maka dari itu pencantuman nama penyusun makalah juga dirasa penting karena setiap  pembaca akan tau kemana mereka  harus bertanya jika menemukan hal yang tidak relevan antara judul dan isi dari makalah, sehingga memudahkan penulis untuk juga dapat melakukan evaluasi. jika dalam pembuatannya dilakukan oleh individu, tuliskan nama dan nomor induk/NIK jika Anda mahasiswa, atau nama kelas jika Anda pelajar. Jika dalam lingkup kelompok, maka tulis siapa saja anggota-anggota yang bersangkutan dalam menyusun makalah tersebut. Selain dalam menyusun penulis, dalam sebuah makalah sebagai syarat dalam pembuatan sebuah makalah, maka dalam penulisan juga penyusun. Juga berfungsi sebagai menjaga makalah tersebut, supaya tidak diklaim pembuatan oleh orang lain.


  5. Nama Instansi/fakultas

    Jangan lupa pula mencantumkan nama instansi tempat Anda ditugaskan untuk menyusun makalah yang Anda buat, mulai dari nama fakultas, nama kampus, nama sekolah, atau nama perusahaan yang sedang dijalani pada saat ini, Anda bisa meletakannya pada bagian bawah cover makalah. Gunakan huruf kapital sama halnya ketika menulis judul makalah.


  6. Tahun Pembuatan

    Dan yang  terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah data kapan pembuatan cover makalah tersebut telah diselesaikan. Pencantuman tahun pada cover makalah memungkinkan para pembaca untuk mengidentifikasi kapan makalah tersebut dibuat,  sehingga kepastian data – data yang tertulis dalam makalah tersebut  bisa dilegitimasi keabsahan keseluruhan data dan sumber penulisannya.

Baca Juga:
Contoh Kata Pengantar Makalah
Contoh Daftar Isi Makalah
Contoh Latar Belakang Makalah
Contoh Rumusan Masalah Makalah
Contoh Tujuan Makalah
Contoh Penutup Makalah
Contoh Saran Makalah
Contoh Daftar Pustaka
Contoh Lampiran Makalah

Advertisement

Jika dimanifestasikan secara visual, bentuk dari cover makalah tersebut akan menjadi seperti ini.

MAKALAH

(penulisan kata makalah wajib di atas judul)

PERKEMBANGAN E –  SPORT DI INDONESIA

(Contoh Judul Makalah)

“Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi tugas bidang studi teknologi informasi yang mengambil materi konten sejauh mana perkembangan e-sport atau olahraga elektronik  di Indonesia”

(Tujuan Makalah)

LOGO INSTITUSI

Disusun oleh :
Gurunesia.com
(Nama Penulis/kelompok, tuliskan nama pembimbing jika ada)

NIM/Nama Kelas

Universitas Gurunesia

(Nama instansi)

Tangerang

2020

(Tahun pembuatan)

Jika Anda tidak memiliki waktu atau sudah mendekati deadline Anda tinggal  mengunduh  contoh cover makalah yang  sudah kami siapkan di bawah ini, Anda tinggal mengeditnya sesuai dengan judul makalah yang Anda buat dan disesuaikan dengan identitas Anda dan instansi  tempat Anda berkecimpung.

Download Contoh Cover Makalah

Kami cukupkan dulu postingan pada artikel kali ini mengenai beberapa hal yang Anda bisa dapatkan terkait contoh cover makalah individu/kelompok yang baik. Semoga  apa yang tersaji pada artikel ini, sesuai dengan ekspektasi Anda dan juga sekaligus dapat memberikan informasi terkini kepada Anda untuk membantu menuntaskan tugas penyusunan makalah Anda. Semoga apa yang kami sajikan melalui artikel kali ini bisa sedikit berkontribusi kepada Anda selaku pelaku pendidikan dalam  meraih target masa depan untuk hidup berpendidikan dan tentunya berkualitas sebagai sumber daya manusia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.