Cara Sederhana Membuat Daftar Isi Untuk Penyusunan Makalah

Membuat daftar isi merupakan hal yang wajib dilakukan dalam menyusun sebuah karya ilmiah seperti makalah atau skripsi, karena dengan adanya  daftar isi dapat memudahkan pembacanya untuk  mengetahui apa saja bagian –  bagian daripada isi dari karya ilmiah tersebut halaman demi halaman seperti letak bab-bab, sub-bab, dan hal-hal penting lainnya (seperti gambar, tabel dan grafik).

Karna fungsinya yang dinilai sangat penting karena menyangkut karya ilmiah yang sudah pasti tentunya harus memenuhi standar pokok pembuatan karya ilmiah yang sesuai dengan anjuran Kemendikbud, maka daftar isi haruslah teratur, informatif dan sistematis. Bila perlu, bedakan antara daftar isi bab, daftar gambar, daftar tabel dan daftar grafik. Untuk  mengetahui  secara spesifik mengenai unsur – unsur yang terdapat dalam daftar isi dan bagaimana cara  membuatnya,  silahkan disimak  pemaparannya berikut ini.

Sistematika dan cara membuat daftar isi

Dalam membuat daftar isi,  memperhatikan struktur atau sistematika untuk menentukan nomor dan jumlah halaman  sangatlah  penting,  mengingat hal  tersebut sangat membantu dan memberikan kemudahan bagi para pembaca untuk langsung membuka halaman yang spesifik, urutannya adalah:

  1. Halaman Judul

Salah satu unsur dari karya ilmiah adalah halaman judul, umumnya pada lembar yang berisi judul diletakkan pada urutan paling pertama. Untuk isi pada halaman judul yang baik,  harus terdapat nama karya ilmiah, logo sekolah/instansi/organisasi (jika ada), nama penyusun, dan nama sekolah/instansi/organisasi serta tahun penulisannya.

Advertisement

2. Kata Pengantar

Untuk memudahkan pembaca mengetahui gambaran dari sebuah karya ilmiah, tentunya penulisan Kata Pengantar memiliki peran tersebut. Di dalam  daftar isi, bagian kata pengantar diletakkan setelah halaman judul. Unsur dalam kata pengantar biasanya ucapan puji syukur, terima kasih, gambaran singkat isi dan harapan penulis pada karya  ilmiahnya.

Advertisement

3. Latar Belakang

Latar belakang pada sebuah karya ilmiah juga merupakan satu dari sekian banyak unsur penting dalam sebuah karya ilmiah. Karena penulisan latar belakang menginformasikan kepada  pembaca mengenai  faktor apa yang mendorong penulis untuk membuat karya ilmiah tersebut. Latar belakang merupakan bagian dari BAB I pada makalah.

4. Batasan Masalah

Batasan masalah adalah halaman atau lembar yang berisikan masalah karya ilmiah yang sudah penjabarannya dijelaskan secara eksplisit yang mengacu pada pokok inti masalah. Pada bagian ini biasanya tidak terlalu digunakan karena sudah menjadi bagian dari latar  belakang masalah.  Tetapi penulis biasanya menggunakan batasan  masalah untuk sebuah kasus yang  kompleks. Batasan  masalah biasanya terdapat pada BAB I pada makalah.

5. Rumusan Masalah

Pada sebuah karya ilmiah, rumusan masalah merupakan hal yang menjadi poin penting dan membantu penulis dalam menentukan data dan sumber yang kredibel agar karya yang dibuat memenuhi pertanyaan dalam karya ilmiah tersebut. Rumusan masalah juga merupakan titik sentral dalam sebuah makalah atau laporan. Dalam hal ini rumusan masalah menentukan pembahasan dan kesimpulan. Rumusan masalah biasanya terdapat dalam  BAB I pada makalah.

6. Tujuan

Tentu dalam melakukan sesuatu, pastinya terdapat tujuan, termasuk dalam membuat karya ilmiah. Penulisan tujuan dalam karya ilmiah merupakan harapan yang ditulis oleh penulis agar apa yang dianalisa dan dituangkan dalam  karya ilmiah mendapatkan respon  positif dari masyarakat dan bisa berkontribusi terhadap penyelesaian  kasus yang terdapat dalam  karya  tersebut.

7. Manfaat

Dalam bagian manfaat, biasanya penulis menuliskan bagian ini  pada  menjelang akhir penulisan,  dengan kalimat yang menggambarkan bahwa karya  tulis yang dibuat memiliki  kontribusi tertentu pada kasus yang menjadi topik dari karya ilmiah tersebut.

8. Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah adalah sebuah metode atau pendekatan yang digunakan oleh penulis untuk menganalisa suatu permasalahan yang akan disampaikan dalam materi makalah atau yang berhubungan dengan karya ilmiah. Biasanya ada dua pendekatan yang  sering digunakan oleh penulis dalam melakukan pendekatan,  yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif.

9. Hipotesis

Hipotesis merupakan  teori perspektif dari penulis yang bersifat subjektif dalam suatu isi dan kesimpulan pada penulisan makalah dan karya ilmiahnya.

10. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan jawaban yang dipertanyakan dari penulisan  rumusan masalah yang mencangkup inti dari keseluruhan analisa  yang terdapat pada isi makalah.  Dalam kata lain, kesimpulan merupakan solusi kongkrit dari permasalahan yang  terdapat dalam  karya ilmiah tersebut

11. Saran

Saran merupakan point yang berisi sebuah saran dari penulis pada karya ilmiahnya untuk si pembaca.

Setelah mengetahui isi atau poin –  poin dari daftar isi, kami juga menyajikan cara penulisan daftar isi yang benar pada karya  ilmiah dibawah ini.

Perangkat yang paling sering digunakan oleh setiap penulis dan yang paling mudah adalah dengan  menggunakan perangkat Microsoft office, yang dalam hal  ini adalah perangkat pengoperasian kata atau kalimat yaitu Microsoft word. Untuk  lebih jelasnya  silahkan ikuti langkah berikut.

Tahap 1

Setelah membuat judul dan sub judul pada tulisan yang Anda buat, pilih judul dan sub judul yang akan Anda pakai untuk daftar isi dengan cara memblok judul dan sub judul.

Tahap 2

Setelah itu pilih Style Heading 1 untuk daftar isi sebagai judul dan Heading 2 sebagai sub judul. Perlu Anda ketahui bahwa sedikit perberbedaan  pada pengoperasian antara Ms. Word yang lama (2003) dengan yang baru (2007 – 2013). Berikut paparannya :

Pada Ms. word 2003 dan sebelumnya : klik Style box pada menu Formatting kemudian pilih Heading 1

Pada Ms. word 2007 – 2013 : pada menu Home, klik Heading 1 pada grup style

cara membuat daftar isi otomatis

Baca juga:
Contoh Cover Makalah
Contoh Kata Pengantar Makalah
Contoh Latar Belakang Makalah
Contoh Rumusan Masalah Makalah
Contoh Tujuan Makalah
Contoh Penutup Makalah
Contoh Saran Makalah
Contoh Pembahasan Makalah
Contoh Daftar Pustaka
Contoh Lampiran Makalah

Tahap 3 untuk Ms Office 2003

  • Untuk Format Heading 1 khusus digunakan untuk judul pada tiap – tiap bab, sedangkan untuk subjudul bisa menggunakan heading 2, heading 3 dan selanjutnya. Untuk warna, jenis dan ukuran huruf bisa Anda sesuaikan dengan keinginan. Dengan cara mengklik kanan menu Modify pada heading tersebut.  Terdapat perbedaan langkah-langkah dalam membuat daftar isi antara Microsoft Word versi lama dan baru, maka amati langkah-langkah sebagai berikut :
  • Setelah judul dan subjudul dipilih untuk dijadikan sebagai daftar isi, maka langkah selanjutnya yaitu membuat daftar isi. Kamu perlu mengikuti langkah – langkah dibawah ini :
  • Klik pada halaman kosong dimana Anda hendak meletakkan halaman daftar isi pada tulisan yang Anda buat. Munculkan jendela Table of Contents dengan cara buka Insert Index and Tables (Word 2000) atau buka Insert Reference Index and Tables (Word 2002 and 2003)
  • Klik pada tab Table of Contents kemudian klik OK.

Untuk Ms Office 2007 – 2013

  • Arahkan pointer pada menu references kemudian klik table of contents
  • Lalu pilih opsi pertama dan kedua yang ada pada menu tersebut. kemudian secara otomatis akan membuat daftar isi sesuai judul dan sub judul yang dipilih
  • Jika Anda hendak membuat daftar isi secara manual, maka pilih opsi nomor tiga. Opsi yang ketiga ini sangat jarang  digunakan maka dari itu tidak disarankan karena Anda harus memiliki banyak waktu dan  disarankan jangan  menggunakannya pada saat deadline, dan kemungkinan langkah sebelumnya yang telah Anda  buat dalam memilih judul dan sub judul akan percuma.

Selain kedua pilihan diatas, Anda juga bisa memilih opsi Custom Table of Contents pada bagian bawah untuk membuat daftar isi sesuai dengan apa Anda inginkan.

cara membuat daftar isi otomatis

Sekian dulu postingan pada artikel kali ini mengenai beberapa hal yang Anda bisa dapatkan terkait penulisan susunan daftar isi yang baik. Semoga  apa yang tersaji pada artikel ini, sesuai dengan ekspektasi Anda dan juga sekaligus dapat memberikan informasi kepada Anda untuk membantu menuntaskan tugas penyusunan makalah Anda. Semoga apa yang kami sajikan melalui artikel kali ini bisa sedikit berkontribusi kepada Anda selaku pelaku pendidikan dalam meraih target masa depan untuk hidup berpendidikan dan tentunya berkualitas sebagai sumber daya manusia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.