Contoh Penulisan Pembahasan Makalah atau Karya Ilmiah yang Tepat

Pembahasan dalam makalah atau skripsi merupakan hal yang lazim tertulis pada setiap penyusunan karya ilmiah.  Karena dalam pembahasan terkandung poin – poin inti dari topik atau permasalahan yang terdapat dalam penulisan karya ilmiah.  Jika diartikan secara  umum, menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, pembahasan memiliki  bentuk dasar bahas, yang berarti selidik atau periksa.  Arti  tersebut bisa juga dikembangkan menjadi  dibahas, membahas,  dan bahasan yang masing – masing memiliki  fungsi berbeda. Jika disimpulkan secara keseluruhan,  pembahasan berarti proses, cara, perbuatan membahas. Pembahasan berasal dari kata dasar bahas. Pembahasan juga bermakna dalam kelas nomina atau kata benda sehingga pembahasan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Poin Penting Dalam Pembahasan Makalah

Pembahasan makalah  pada umumnya berisi tentang rangkuman kegiatan yang diperoleh di lapangan, atau pengalaman yang berdasarkan objek penelitian yang nyata, serta dikesinambungkan dengan ilmu dan teori terkait sebagai pendukung. Jika ada kesesuaian yang menjadi pembahasan lebih lanjut biasanya hanya pendapat individu yang berkenaan dengan tema, usulan,  saran, gagasan dan ide.

Namun apabila dalam pembahasan makalah tidak koheren dengan hasil yang dieksplorasi di lapangan, maka data tersebut harus ditinjau kembali mengapa bisa seperti itu. karena esensi dalam pembahasan sebuah makalah harus bisa diterangan dengan baik dan rinci sesuai dengan  data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data yang tentunya harus kredibel.

Pada bab pembahasan seharusnya juga mengandung mengenai penjelasan penelitian yang berkaitan erat tentang ilmu atau teori yang sudah pernah dibahas oleh para ahli dan diakui secara akademik yang berkaitan topik dan tema pembahasan pada contoh makalah atau paper yang hendak dipilih.

Untuk menentukan pembahasan materi dalam pembuatan makalah,  sebisa mungkin diharuskan pembahasan yang dibahas secara praktis yang mudah untuk dipahami dan teoritis yang bisa berkaitan dengan pelaku praktis teori dan ilmu tersebut bisa sesuai kenyataan dalam kehidupan keseharian.

Advertisement

Untuk penulisan yang dikutip dan bersumber dari definisi para ahli, wajib hukumnya untuk mencantumkan nama, tahun dari sumber yang Anda jadikan referensi dalam membuat isi makalah untuk  menghormati para akademisi yang sudah menyelesaikan teori yang diakui secara akademik untuk referensi ilmiah para generasi penerus. Jika Anda mencontoh dari sumber buku, maka tulis juga nama dan tahun buku tersebut. Sehingga dalam penulisan daftar isi makalah dapat tertulis dengan jelas dan ilmiah.

Sama halnya jika Anda juga mengambil kutipan makalah dari penelitian orang lain, maka cantumkanlah pula halaman dimana kutipan tersebut kalian gunakan sebagai contoh makalah.

Advertisement

Baca Juga:
Contoh Cover Makalah
Contoh Kata Pengantar Makalah
Contoh Daftar Isi Makalah
Contoh Latar Belakang Makalah
Contoh Rumusan Masalah Makalah
Contoh Tujuan Makalah
Contoh Penutup Makalah
Contoh Saran Makalah
Contoh Daftar Pustaka
Contoh Lampiran Makalah

Contoh Pembahasan Makalah

BAB III

PEMBAHASAN

A. Definisi E-sport

Esports atau singkatan dari Electronic Sports (juga dikenal sebagai olahraga elektronik, e-sports, atau eSports) adalah bentuk kompetisi olahraga menggunakan video game. Esports sering mengambil bentuk kompetisi permainan video game multi-pemain yang terorganisir, khususnya antara pemain profesional, secara individu atau sebagai tim. Meskipun kompetisi terorganisir telah lama menjadi bagian dari budaya video game, namun sebagian besar peserta e-sport diikuti  juga oleh pemain amatir pada akhir 2000-an, ketika para gamer profesional dan penonton di acara-acara kompetisi ini disiarkan secara langsung melalui live streaming dan perlahan peminat e-sport  mengalami lonjakan besar popularitas secara signifikan. Pada tahun 2010, esports merupakan faktor penting dalam industri video game, dengan banyak pengembang game secara aktif merancang dan menyediakan dana untuk turnamen dan acara lainnya.

Kompetisi eSports itu sendir pertamakali diadakan pada Oktober 1972 di Stamford University di mana para siswa berkompetisi pada video game Spacewar. Hadiah utama untuk pemenang pada waktu itu adalah berlangganan setahun majalah Rolling Stones. Namun, tidak sampai tahun 1980 di mana kompetisi video game pertama diadakan.

B. Jenis Game yang diperlombakan dalam kompetisi E-sport

Sama halnya dengan musik,   game memiliki berbagai macam  jenis genre, yaitu FPS, RPG,  MMORPG, Battle Royal, Fighting,  sports dan  masih banyak jenis genre lainnya. Namun yang paling sering diperlombakan adalah jenis genre FPS, Battle royal, Fighting,  dan Sports, karena genre tersebut mewadahi pemain yang tergabung dalam beberapa  tim profesional. Judul  game  yang sering diperlombakan yaitu:

1.  Dota 2

Dota 2 merupakan game moba (multi online battle arena) platform PC yang mengharuskan pemain memiliki  1 tim  yang terdiri dari 5 anggota yang  berperan dalam memainkan  karakter yang sesuai dengan role yang ditentukan oleh pelatih maupun  tim itu sendiri.

2. Mobile legend

Sama halnya dengan dota 2,  mobile legend juga merupakan game bergenre moba (multi online battle arena) namun hanya tersedia  pada platform Android/IOS yang juga  mengharuskan memiliki 5  pemain dalam 1 tim yang masing – masing anggota memiliki peran tertentu dalam mengatur strategi permainan.

3. Player Unknown Battleground

Player Unknown Battleground atau biasa yang disingkat PUBG merupakan game perang yang bergenre battleroyal yang tersedia pada platform PC maupun Android/IOS. Sama halnya perang pada umumnya, game yang menuntut 5 pemain dalam 1 team ini  ditempatkan dalam zona perang  tertentu yang  mengharuskan tim bertahan hidup dengan membunuh tim lawan sampai waktu yang ditentukan.

4. Pro Evolution Soccer

Pro Evolution Soccer atau PES merupakan game yang bergenre sports yang dimainkan oleh 1 individu yang  memainkan sebuah tim  dan  menyusun strategi  layaknya  pelatih dalam permainan sepak bola.

5.  Mortal Kombat

Mortal Kombat merupakan game bergenre fighting yang dimana  pemain memilih karakter yang pemain fasih dalam  memainkan karakter tersebut  dan mengalahkan karakter lawan dengan kemampuan command controller yang  tentunya tidak  mudah untuk dikendalikan untuk menghasilkan combo serangan yang memberikan kerugian  besar atau damage kepada lawan.

C. Macam Ajang Kompetisi E-sport Skala Dunia

  • Battle.net World Championship


World Championship Series (BWCS) Battle.net adalah branding bersama untuk turnamen video game yang diadakan oleh Blizzard Entertainment untuk game mereka StarCraft II (SC2) dan World of Warcraft (WoW) pada tahun 2012. Seri acara StarCraft II, StarCraft II World Championship Series, mempertahankan branding World Championship Series di luar tahun dan terus menggunakannya sampai digantikan oleh ESL Pro Tour StarCraft II pada tahun 2020, tetapi merek Battle.net World Championship Series tidak digunakan setelah 2012.

  • Call  of duty league

Call of Duty League (CDL) adalah liga olahraga profesional untuk seri video game Call of Duty, diproduksi oleh penerbit Activision. Call of Duty League mengikuti model dari Overwatch League serta liga olahraga profesional tradisional Amerika Utara lainnya dengan menggunakan seperangkat tim permanen berbasis kota yang didukung oleh kelompok kepemilikan yang berbeda. Selain itu, play league dalam sistem poin turnamen dan format playoff alih-alih penggunaan promosi dan degradasi yang biasa digunakan di esports lain dan liga non-Amerika Utara, dengan pemain di daftar itu dijamin dengan gaji tahunan minimum, tunjangan, dan porsi kemenangan dan pembagian pendapatan berdasarkan bagaimana kinerja tim.

  • The international

The International adalah turnamen kejuaraan dunia esports tahunan untuk video game Dota 2, yang diselenggarakan dan diproduksi oleh pengembang game, Valve. The International pertama kali diadakan di Gamescom sebagai acara promosi untuk game ini pada tahun 2011, dan sejak itu telah diadakan setiap tahun. Turnamen ini terdiri dari 18 tim; 12 tim mendapatkan undangan langsung berdasarkan hasil dari serangkaian turnamen yang dikenal sebagai Sirkuit Dota Pro dan 6 tim dari memenangkan kurung playoff kualifikasi regional, masing-masing dari Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia Tenggara, Cina, Eropa, dan kawasan CIS.

Demikian yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini terkait beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menulis pembahasan untuk penulisan makalah atau karya ilmiah. Semoga apa yang tersaji pada artikel ini, sesuai dengan ekspektasi Anda dan juga sekaligus dapat memberikan informasi kepada Anda untuk membantu menuntaskan tugas penyusunan makalah Anda. Semoga apa yang kami sajikan melalui artikel kali ini bisa sedikit berkontribusi kepada Anda selaku pelaku pendidikan dalam meraih target masa depan untuk hidup berpendidikan dan tentunya berkualitas sebagai sumber daya manusia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.