Contoh Penulisan Penutup Makalah Yang Baik Untuk Karya Ilmiah

Dalam membuat penutup makalah ataupun karya ilmiah lainnya, penulis ataupun peneliti diwajibkan untuk merangkum dan menyimpulkan secara  keseluruhan isi dari yang telah dibahas pada bab sebelumnya. Dan bisa dipastikan bagian penutup makalah merupakan bagian yang paling disukai oleh para penulis karena selain merupakan akhir dari  perjuangan mereka mengumpulkan data dan mengolahnya menjadi sebuah penulisan ilmiah, bagian penutup juga merupakan pencapaian dari penulis yang disimpulkan secara singkat.

Secara harafiah penutup dalam sebuah makalah merupakan bagian yang menjelaskan secara kesimpulan dan saran secara singkat dari pembahasan yang telah dijabarkan pada bab bagian isi. Umumnya bagian ini juga disebut sebagai bab kesimpulan.

Pada bab kesimpulan, Anda harus menyimpulan secara komprehensif dari apa yang telah Anda bahas pada isi dari makalah. Sedangkan untuk bagian saran, Anda cukup menuliskan rekomendasi Anda terhadap tema atau persoalan yang diangkat dalam makalah.

Bagian penutup yang baik memenuhi beberapa kriteria, yakni sederhana, terfokus pada apa yang telah dibahas, dan tidak menyarankan apapun yang out of topic atau tidak ada hubungannya dengan pembahasan inti makalah Anda.

Contoh Penutup Makalah

Baiklah  setelah Anda membaca dan memahami gambaran dari penulisan penutup makalah, juga akan kami sajikan pula beberapa contoh penutup makalah yang bisa Anda pergunakan untuk keperluan penulisan makalah Anda ataupun  karya ilmiah lainnya.

Advertisement

Contoh 1

1. Kesimpulan

Berdasarkan pengolahan data yang telah penulis bahas pada bab sebelumnya, memang masih banyak masyarakat yang umumnya tergolong warga menengah kebawah masih minim sosialisasi terhadap perkembangan e-sport di tanah air akibat stigma yang telah kian  lama melekat di pola pikir mereka bahwa bermain game hanya menghambat proses pendidikan anak – anak mereka tanpa mengetahui secara umum, bahwa e-sport merupakan dampak dari pesatnya perkembangan teknologi yang jika bisa kita manfaatkan bisa  menjadi sumber prestasi bagi anak – anak  mereka.

Setelah melihat kondisi seperti itu, penulis mencoba melakukan sosialisasi menyeluruh kepada masyarakat yang dimaksud tadi dengan memperlihatkan beberapa video  kejuaraan e-sport internasional yang mempertandingkan beberapa game dengan berbagai genre sambil menjelaskan secara  singkat mengenai sejarah e-sport dari data yang penulis peroleh dari sumber yang tentunya kredibel. Setelah melihat respon mereka dengan mendengarkan penjelasan dari penulis, perlahan mindset ataupun pola pikir mereka terhadap e-sport sedikit tercerahkan bahwa berdasarkan penjelasan mereka,  e-sport tidak ada bedanya dengan olahraga pada umumnya seperti catur, bridge dan olahraga pengolah otak lainnya yang patut mendapatkan dukungan dari pemerintah.

2. Saran

Setelah berhasil meriset kondisi dari masyarakat yang dimaksud di atas, penulis memiliki saran untuk pemerintah ataupun pihak swasta bahwa jika kita melakukan sosialisasi secara berkala terhadap perkembangan e-sport di dunia,  tentunya bisa  dipastikan kita bisa menghilangkan stigma negative yang tertanam pada masyarakat terkait e-sport. Maka dari itu,  berdasarkan hasil penelitian dari penulis, metode yang cocok untuk sosialisasi kepada masyarakat untuk menyaring  potensi –  potensi atlit e-sport adalah dengan mengadakan kompetisi skala nasional di tiap – tiap  provinsi seperti halnya liga 1 dengan target membentuk banyak tim e-sport profesional yang bisa  bersaing di kancah internasional.

Baca juga:
Contoh Cover Makalah
Contoh Kata Pengantar Makalah
Contoh Daftar Isi Makalah
Contoh Latar Belakang Makalah
Contoh Rumusan Masalah Makalah
Contoh Tujuan Makalah
Contoh Pembahasan Makalah
Contoh kesimpulan Makalah
Contoh Saran Makalah
Contoh Daftar Pustaka
Contoh Lampiran Makalah

Advertisement

Contoh 2

Penutup

1. Kesimpulan

Penyebaran virus korona merupakan salah satu tragedi terparah sepanjang sejarah manusia, karena sifatnya yang cepat bermutasi,  menyebabkan manusia harus bisa menjaga jarak sebisa mungkin untuk mengantisipasi penyebaran yang akan berdampak luas.  Maka untuk  mengakhiri situasi  ini peran dari sinergitas pemerintah dan masyarakat  harus solid dengan menerapkan social distancing dan work from  home secara berkelanjutan sampai perkembangan virus covid-19 ini bisa di tekan dan secepatnya berakhir.

2. Saran

Tidak hanya pada saat  situasi pandemic seperti ini kita harus mengutamakan hidup  sehat  untuk meningkatkan imunitas kita terhadap infeksi virus,  namun biasakanlah untuk terus menerapkan pola  hidup sehat setiap hari agar bisa diwariskan kepada  anak cucu kita dan tentunya menjaga bumi yang kita cintai ini dari berbagai  virus yang mengancam jiwa manusia.

Demikian yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini terkait beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menulis kalimat penutup untuk penulisan makalah atau karya ilmiah. Semoga apa yang tersaji pada artikel ini, sesuai dengan ekspektasi Anda dan juga sekaligus dapat memberikan informasi kepada Anda untuk membantu menuntaskan tugas penyusunan makalah Anda. Semoga apa yang kami sajikan melalui artikel kali ini bisa sedikit berkontribusi kepada Anda selaku pelaku pendidikan dalam meraih target masa depan untuk hidup berpendidikan dan tentunya berkualitas sebagai sumber daya manusia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.